Rektor IAITF Dumai Pembicara Webinar Internasional Merajut Orang Melayu di Asia Tenggara

Terunggul Dikawasan Pesisir Pantai Timur Sumatera

Rektor IAITF Dumai Pembicara Webinar Internasional Merajut Orang Melayu di Asia Tenggara

June 3, 2021 Dumai Headline 1

Webinar Internasional Merajut Orang Melayu di Asia Tenggara

REKTOR Institut Agama Islam Tafaquh Fiddin (IAITF) Dumai, Dr H Ahmad Rozai Akbar MH dijadwalkan akan menjadi pembicara dalam Webinar Internasional Merajut Orang Melayu di Asia Tenggara.

Webinar Internasional yang digelar, Kamis (17/12/2020) melalui Join Zoom Meeting https://zoom.us/j/96798017899?pwd=alVIWnhhWkorVHNLV2NqWVZRbkpDUT09 dengan Meeting ID: 967 9801 7899 dan Passcode: melayu menghadirkan pembicara dari Indonesia, Malaysia, Brunai dan Thailand.

“Insyaallah, saya akan mengangkat judul tentang Melayu dan Islam Asia Tenggara  teoritis tentang pergumulan Islam di Nusantara. Alasan judul ini saya angkat bermula dari tak Melayu kalau tak Islam,’” ungkap lulusan Doktor Hukum Keluarga Tamatan UIN Susqa Pekanbaru ini.

Judul ini menjadi menarik kata Dr Rozai Akbar karena Islam adalah bagian perting dari  memperbincangkan Melayu maka Islam juga adalah bagian dari kehidupan orang Melayu.

“Islamisasi dari proses orang Melayu itu memberikan warna dalam keragaman dan keagaman orang Melayu baik dari sisi ekonomi, sosial, kepemimpinan, tatanan kekeluargaan dan secara sosiologi. Orang Melayu di Indonesia beda dan memiliki tipeloginya sendiri,” tegasnya.

Rektor IAITF Dumai tidak sendirian jadi pembicara dalam Webinar tersebut dari Provinsi Riau yakni Prof Dr Suwardi MS mengangkat judul Orang Melayu di Indonesia, Dahulu, Sekarang dan Kedepan.

Ada juga Prof Datuk Dr Hj Baharuddin Bin Hj Puteh dengan judul Melayu sebagai State Nation di Malaysia,  Dr H Harapandi Amaq Hairani dengan judul  Dinamika dan Problamatik Orang Melayu di Brunai, dan Dr Abdullah dengan judul Hegomoni Melayu di Negara Thailand. ***

Editor: Dawami Bukitbatu

One Response

  1. Dawami says:

    mantap iaitf dumai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *